Verifikator |

Kegiatan Pasar Murah dan Pasar Penyeimbang yang dilaksanakan oleh Pemprov. Kalteng telah dibuka oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran pada hari Minggu (18/9/2022) yang lalu. Pasar Penyeimbang inipun masih tetap dilaksanakan sampai hari ini, Jumat (23/9/2022). Kegiatan Pasar Penyeimbang merupakan salah satu langkah Pemprov. Kalteng untuk menjaga kestabilan ekonomi di wilayah Kalteng dan menekan laju inflasi daerah, khususnya di Kota Palangka Raya dan Kota Sampit Kab. Kotawaringin Timur.


Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng sebagai bidang unggulan bidang perikanan ikut serta mendukung program Pemprov. Kalteng ini dengan menyediakan ikan patin dan ikan nila dengan harga murah. Ikan patin yang biasa dijual di pasaran dengan harga Rp25.000,- per kg dapat dibeli di tempat ini dengan harga Rp15.000,- per kg. Demikian juga dengan ikan nila, bila biasanya dijual dengan harga Rp.35.000,- per kg maka di Pasar Penyeimbang ini dapat dibeli oleh masyakat dengan harga hanya Rp.25.000,- per kg.


Silvia Irmayuti, Koordinator tim penjualan ikan segar dari Dislutkan Prov. Kalteng mengatakan bahwa minat masyarakat khususnya di Kota Palangka Raya sangat besar terhadap adanya Pasar Penyeimbang ini. Terbukti dengan dibukanya ikan segar yang telah memasuki hari penjualan ini, lapak penjualan ikan segar masih dikunjungi oleh pengunjung yang datang untuk berbelanja ikan segar.


"Hari ini kami menyediakan ikan patin sebanyak 40 kg, dan ikan nila sebanyak 40 kg, bahkan kami pun menambah kuota ikan segar dengan menyediakan ikan lele sebanyak 70 kg dan semuanya terjual habis," ujar Silvia.


Salah satu pengunjung Pasar Penyeimbang Palangka Raya Yuyun, warga Komplek Marina Permai Palangka Raya, yang ditemui saat membeli ikan segar di lapak Dislutkan Prov. Kalteng mengatakan sangat terbantu dengan adanya Pasar Penyeimbang ini. Menurutnya, Pasar Penyeimbang menyediakan bahan pokok khususnya ikan segar dengan harga murah sehingga dapat dibeli oleh masyarakat dengan harga terjangkau.


"Saya sangat senang dengan adanya Pasar Penyeimbang ini sehingga saya dapat membeli ikan dengan harga murah untuk dikonsumsi keluarga. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut, terima kasih Bapak Gubernur H. Sugianto Sabran," ucap Yuyun dengan sumringah.


Penjualan ikan segar di Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan sampai dengan hari Minggu (25/9/2022) yang berlokasi di dua kota yaitu Kota Palangka Raya dan Kota Sampit Kab. Kotim. Di Palangka Raya berlokasi di Komplek Pasar Penyeimbang Jalan A.I.S. Nasution Palangka Raya, sedangkan di Kota Sampit berlokasi di Halaman Rumah Kemasan "Jelawat" Seberang Masjid Al-Falah Sampit Kab. Kotim. (Tin)