Verifikator |

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ir. H. Darliansjah, M.Si memimpin rapat terbatas di Aula Dislutkan Prov. Kalteng pada hari Kamis (14/10/2021) kemarin. Pertemuan ini dihadiri Sekretaris Dislutkan Prov. Kalteng, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Lingkup Dislutkan Prov. Kalteng, serta Staf Subag Penyusunan Program dan Staf Bidang Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran. Pertemuan ini merupakan bentuk tindak lanjut Arahan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, yang disampaikan pada Rapat Koordinasi Pembangunan Perekonomian Kalimantan Tengah pada hari Rabu (13/10/2021) di Ballroom Hotel Kecubung Pangkalan Bun. Dalam arahannya, Gubernur sangat berharap sektor kelautan dan perikanan dapat menjadi salah satu sektor unggulan dalam meningkatkan perekonomian Kalteng.

Sesuai dengan fokus Gubernur Kalteng, Pemerintah Daerah saat ini fokus di bidang perekonomian. Salah satunya adalah sektor kelautan dan perikanan. Hal ini merupakan tantangan bagi Dislutkan Prov. Kalteng sebagai  leading sector  dari kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah agar dapat menjawab program pemerintah daerah secara tepat dan terstruktur. Program pemerintah daerah harus ditindaklanjuti sebagai program Dislutkan Prov. Kalteng dan dilakukan oleh semua pihak agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.

“Program Pemerintah Daerah wajib kita jawab dengan terstruktur sehingga tercipta Rencana Tindak agar dapat kita evaluasi bersama sejauh mana pencapaian dan keberhasilannya,” ungkap H. Darliansjah .

Ada beberapa kegiatan yang menjadi program di sektor kelautan dan perikanan. Program “ Shrimp Estate Kalteng” merupakan salah satu kegiatan yang difokuskan di Kabupaten Sukamara dan dikembangkan agar dapat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Budidaya Udang Vaname. Selain itu, ada rencana di Teluk Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur untuk dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Terpadu (KET). Selain kegiatan tersebut, beberapa kegiatan yang menjadi prioritas di sektor kelautan dan perikanan yaitu kegiatan pengembangan perikanan budidaya yang terintegrasi dengan wisata, percepatan perikanan budidaya ikan lokal, penyediaan perbenihan yang memadai untuk mendukung perikanan budidaya Kalteng, penyediaan pabrik pakan ikan, mendorong ekspor perikanan melalui bandara/pelabuhan Kalteng, dan membangun kerja sama pengembangan kelautan dan perikanan.

H. Darliansjah mengingatkan, “Kita semua sebagai bagian dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah harus memiliki tekad dan komitmen yang sama dalam meningkatkan sektor kelautan dan perikanan sehingga dapat memberi kontribusi yang signifikan untuk pertumbuhan perekonomian Kalteng dan PAD.”

 “Sinergitas dan kerja sama dalam melakukan pekerjaan harus kita tingkatkan sehingga pekerjaan yang kita lakukan dapat menjadi ringan dan semua pekerjaan dapat terlaksana dengan baik,”  tambah H. Darliansjah  . (Tin / Foto : UFS)