Verifikator |

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Prov. Kalteng H.Darliansjah memimpin Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional Perencana dan Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Dislutkan Prov. Kalteng. Kegiatan ini diselenggarakan di Halaman Kantor Dinas setempat pada Senin (29/11/2021).

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri pada Instansi Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Surat Keputusan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Fungsional Tertentu pada Instansi Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, nama-nama ASN Jabatan Fungsional yang dilantik sebagai Perencana Ahli Muda antara lain unit kerja Dislutkan Prov. Kalteng Dimas Singgih Sampurno, dan Belyada Kris Anggen; unit kerja Biro Kesra Setda Prov. Kalteng Sugianto; unit kerja Disnakertrans Prov. Kalteng Yohanes De Brito Dwi Marsanto Rinamo; unit kerja Bappedalitbang Prov. Kalteng Yanies Meiyanti dan Agustina Kartikasari; unit kerja Dispora Prov. Kalteng Olav Iban dan sebagai Perencana Ahli Pertama unit kerja Dispora Prov. Kalteng Jubel Kristiono Simanungkalit. Sementara, Pegawai Negeri Sipil yang diambil sumpah/janjinya antara lain instansi asal Dislutkan Prov. Kalteng Dwi Jatmiko Utomo, Leniwan Oktorina Sitorus, Miras Satria Putra, dan Sabam Parsaoran Situmorang.


Darliansjah dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pegawai Negeri Sipil yang baru dilantik sebagai Pejabat Fungsional Perencana dan juga kepada Pegawai Negeri Sipil yang diambil sumpah/janjinya. “Saya ucapkan selamat kepada Pejabat Fungsional Perencana dan PNS yang telah diambil sumpah/janji,” ucapnya.


Kadislutkan Darliansjah mengatakan, saat ini dunia berubah dengan cepat, berbagai aspek kehidupan bergerak dengan sangat dinamis, sehingga tantangan kerja ke depan juga semakin berat. “Saya minta kepada Saudara-Saudara Pejabat Fungsional Perencana khususnya agar senantiasa selalu meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan selalu berkreasi, berinovasi dalam melaksanakan tugas sehingga dapat menjawab semua tantangan zaman yang semakin berat tersebut, dan saya optimis Saudara-Saudara pejabat Fungsional Perencana yang baru ini bisa melakukannya, karena saya melihat sebagian besar dari para Saudara-Saudara yang dilantik ini masih berusia relatif muda, sehingga dapat dengan mudah mengenali perubahan-perubahan zaman serta implikasinya bagi masyarakat, baik pada masa sekarang maupun pada masa mendatang,” ucap Darliansjah.

Darliansjah juga menyampaikan bahwa Fungsional Perencana saat ini harus sebagai Think Tank (pusat kajian/pemikiran), pelaksana perencanaan teknokratis, analisis kebijakan, menyusun rekomendasi, serta melakukan pemantauan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan perencanaan pembangunan yang akan menghasilkan rencana kebijakan lingkup makro, sektor dan daerah serta berdampak Nasional dan daerah untuk menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar daerah, antar SKPD bahkan antar level pemerintah.

“Saya berharap kepada para Pejabat Fungsional Perencana yang baru dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih profesional, penuh tanggung jawab, lebih berdedikasi, dan penuh loyalitas untuk kemajuan perangkat daerah masing-masing serta untuk menuju Kalimantan Tengah yang semakin Berkah. Khusus kepada para Pegawai Negeri Sipil yang telah diambil sumpah/janji sebagai PNS, saya berharap agar sumpah/janji yang telah Saudara ucapkan tadi tidak hanya sekedar ucapan namun lebih itu harus Saudara-Saudara jadikan pegangan dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil selanjutnya,” tambah Darliansjah.

Pada kesempatan tersebut, Darliansjah berpesan kepada para Pegawai Negeri Sipil yang baru diambil Sumpah/Janji sebagai PNS, bahwa PNS di zaman sekarang saat ini penuh dengan berbagai tantangan, di tengah pandemi Covid-19 transformasi terjadi sangat cepat. Pemanfaatan teknologi informasi serta inovasi dalam era revolusi industri 4.0 menghadirkan perubahan produk dan layanan baru yang meningkatkan efisiensi.


“Saya berpesan setidaknya ada 5 tantangan PNS saat ini, PNS harus bekerja cepat namun akurat, mampu bekerja secara multitasking, penuh kehati-hatian (rambu dan jalan berliku), menjaga kerahasiaan (hidangan tertutup), dan memberikan pelayanan. Untuk menjawab tantangan tersebut, kepada ASN Pemprov khususnya Dislutkan mampu menjalankan dan menghayati Sub Core Value kita yaitu BerAKHLAK dan SUKA IKAN,” tutup Darliansjah.

Pada kesempatan itu, Kadislutkan Darliansjah juga menyerahkan penghargaan peringkat pertama Badan Publik Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Kategori Informatif pada acara Anugerah Keterbukaan Informatif Badan Publik di Kalimantan Tengah Tahun 2021 yang lalu, kepada Ketua PPID Dislutkan Prov Kalteng. Di kesempatan itu pula Kadislutkan menyerahkan bantuan kepada ASN Dislutkan yang terdampak banjir.

Hadir dalam kegiatan ini Rohaniawan, saksi dari BKD Prov. Kalteng, Perwakilan Bappedalitbang Prov. Kalteng, Perwakilan Disnakertans Prov. Kalteng, Perwakilan Dispora Prov. Kalteng, Perwakilan Biro Kesra Setda Prov Kalteng, dan Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Dislutkan.